Tips mensterilkan botol susu bayi

mencuci botol bayi

babyhuki.co.id – Bahkan, yang terakhir bisa mempertahankan bau tak sedap, menjadi buram atau gelap, karena bahan kimia yang digunakan untuk desinfeksi. Botol kaca tentu kurang praktis dibandingkan botol plastik dan kurang aman untuk ditinggalkan di tangan anak. Tetapi dengan mengganti kedua jenis tersebut, metode sterilisasi yang akan digunakan juga dapat bervariasi.

Seberapa sering mensterilkan?

bayi perempuan dengan botol bayi

Penting untuk digarisbawahi bahwa pembersihan botol dan benda lain untuk bayi baru lahir (dimaksudkan sebagai pembuangan kotoran) dan sanitasinya mewakili dua fase yang berbeda dan terpisah dari satu proses pembersihan. Oleh karena itu, terlepas dari metode mana yang dipilih untuk sterilisasi botol, penting untuk selalu mencuci tangan setiap komponen terlebih dahulu, dengan sabun lembut, untuk menghilangkan residu susu atau cairan lain seperti jus, chamomile, dan teh. .

Baru setelah itu perlu dilanjutkan dengan operasi sterilisasi, juga untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang tidak terlihat oleh mata manusia.

Dengan melanjutkan cara ini, Anda dapat menjamin kebersihan yang sangat baik, bahkan hanya dengan mensterilkan semua yang Anda butuhkan hanya sekali sehari. Bayi yang baru lahir harus hidup di lingkungan yang sempurna dari sudut pandang kondisi higienis tetapi tidak aseptik!

Untuk ini, pada malam hari cukuplah untuk mengumpulkan semua botol, dot, cincin dan dot yang digunakan dan dicuci pada siang hari, untuk mensterilkannya, sehingga semuanya siap untuk hari berikutnya.

Sampai umur berapa

Tentu saja bayi sangat membutuhkan perhatian, karena, seperti yang telah kami tunjukkan, pertahanan kekebalan mereka bersentuhan (dan melawan) setiap hari dengan lusinan kuman dan bakteri yang tidak diketahui!

Inilah sebabnya mengapa adalah praktik yang baik untuk mensterilkan botol setiap hari dalam beberapa bulan pertama, serta mainan favoritnya, yang pasti selalu dibawa oleh si kecil ke mulutnya.

Ini adalah kebiasaan yang merupakan praktik yang baik untuk diamati hingga sekitar usia satu tahun. Selanjutnya, perhatian dapat berkurang, juga karena anak mulai berjalan dan mungkin pergi ke kamar bayi dan kontaminasi meningkat secara dramatis.

Faktanya tetap bahwa mensterilkan botol dan dot tetap menjadi aturan higienis yang harus diperhatikan, mungkin tanpa obsesi untuk melakukannya setiap hari.