gambar unggulan

Penjahat 'Emperor Palpatine' dari Star Wars Menjabat Dewan Kota - Global  Liputan6.com

Star Wars merupakan garapan film dari 20th Century Fox yang memulai rilisnya pada tahun 1977. Dari serial IV : A New Hope, penonton telah banyak mengenal berbagai tokoh yang memiliki karakteristik dan skill-nya masing-masing. Jika sudah seperti itu, tokoh Emperor Palpatine yang berwajah pucat pastinya sudah sangat familiar.

  • Menjadi Sebuah Kejutan

Tokoh yang satu ini memang hadir dalam serial Star Wars : The Rise Of Skywalker yang dirilis pada tahun 2019. Pada episode tersebut, tokoh villain ikonis ternyata kembali atau muncul lagi, tetapi dalam wujud yang berbeda.

Dark Sidious yang merupakan julukan lain dari tokoh Emperor Palpatine hadir dalam wujud klon.  Garapan dari Rae Carson untuk versi kali ini memang tidak mengecewakan dengan hadirnya plot twist untuk penonton.

Lebih menariknya lagi, sang kaisar melakukan transfer rohnya dalam tubuh kloning. Cerita dari novel telah berhasil menjembatani alur dari film tersebut.

  • Seri Komik Dark Empire

Jalan cerita tersebut sebenarnya mirip dengan seri komik garapan Tom Veitch yang berjudul Dark Empire pada tahun 1992. Hal ini menjadi sangat menarik karena latar dari cerita tersebut cukup sama, di mana Palpatine juga kembali hidup, kemudian membentuk pasukannya sendiri untuk menjadi yang paling kuat sejak enam tahun kematiannya.

Selain menjadi yang paling ditakuti, setelahnya tokoh dibekali senjata mematikan. Namun, ada yang membedakan cerita di film dengan komik tersebut, yakni tubuh kloning yang memiliki ketahanan kuat untuk mengurung kekuatan jiwa Palpatine.

Karena jiwa yang terlalu kuat, akhirnya tubuh tersebut hancur perlahan karena kloningnya sendiri ternyata tidak mampu menahan. Dengan begitu, kehadiran sang tokoh yang terbilang tidak adil, dapat menjadi adil. Pertanyaan mengapa sosoknya muncul, akhirnya juga telah terjawab dengan alur cerita yang jelas.

  • Terpilih Sebagai Anggota Dewan Kota

Fakta bahwa tokoh Palpatine terpilih sebagai walikota di Odessa, Ukraina sempat menjadi viral pada masanya. Aleksandr Borovik tampak mengenakan kostum jahat untuk karakter tersebut, sehingga berhasil mendapatkan 54% suara di antara 50 orang. Uniknya, mereka semua mengenakan kostum dari masing-masing karakter pada film.

Sasha Borovik, salah satu yang juga mencalonkan diri sebagai wali kota, juga sempat tidak mengerti mengapa orang tersebut bisa terpilih.

Rupanya, Kota Odessa memang telah dilanda demam Star Wars pada tahun 2015 silam, bahkan seorang seniman menjadikan monumen Darth Vader sebagai pengganti patung Vladimir Lenin. Selain Palpatine, Yoda dan Ratu Amidala juga mencalonkan diri, tetapi sayangnya tidak terpilih.

  • Skill Menyamar Tingkat Tinggi

Kembali lagi pada tokoh di film asli, alasan lain mengapa Palpatine dapat menjadi tokoh terkuat karena skill penyamarannya sebagai konselor tidak perlu lagi diragukan, bahkan sosoknya dapat memerintahkan para jedi yang merupakan musuh terbesar. Mace Windu dan Yoda yang merupakan Jedi Master sampai tidak menyadari hal tersebut.

Maklum karena pengalaman si tokoh sebagai penyamar sudah berjalan selama 20 tahun. Kerennya setelah melakukan aksi, sang Palpatine langsung menunjukkan identitas aslinya. Selain itu, perannya sebagai dua sisi dalam menjadi pemimpin Pasukan Republic dan bekerja sama dengan Count Dooku berhasil memanipulasi semua orang, termasuk Anakin Skywalker.

Kemampuannya dalam menaklukan lawan terjago sekalipun, seperti Yoda, Darth Vader, Savage Opress, dan Darth Matul diseimbangi dengan skill-nya dalam mengendalikan force lightning terlarang. Dampak dari kekuatannya memang mematikan, sehingga penonton dari serial Star Wars selalu dibuat was-was ketika melihatnya.

By penulis