Regulasi Kirim Paket Ke New Zealand

kirim paket ke New Zealand

Sekarang mau kirim paket ke New Zealand bukanlah hal yang sulit. Sekarang regulasi dari negara tersebut sudah tidak terlalu sulit seperti dahulu kala. Jadi bukan hal yang sulit lagi jika Anda ingin kirim paket ke New Zealand. Berikut adalah beberapa regulasi dari New Zealand yang harus digunakan.

Peraturan yang Harus Dilengkapi Jika Ingin Kirim Paket Ke New Zealand

Menurut peraturan dari pemerintah New Zealand terkait pengiriman barang ke negaranya ada peraturan yang diberlakukan. Birokrasinya sebenarnya tidak terlalu sulit, ada beberapa ketentuan pengiriman barang yang harus di patuhi oleh para pengekspor.

  1. Tidak Boleh Lebih dari 100 Kg

Ada beberapa ketentuan yang harus dilakukan, yakni barang bawaan tidak boleh melebihi kapasitas sampai 100 kg. Jika ternyata barang kiriman sampai melebihi kapasitas tersebut maka harus ada keterangan lebih lanjut dengan disertai dokumen-dokumen khusus.

Antara pengiriman biasa dengan ekspor memang berbeda. Karena pada dasarnya ekspor adlaah suatu kegiatan yang melibatkan pihak lebih besar bukan hanya individu biasa. Oleh karena dokumennya juga lebih lengkap. Tidak hanya penyertaan alamat lengkap saja juga nomor pribadi saja.

  1. Sudah Punya Izin dari Bea Cukai

Jika memang sedang ingin ekspor barang ke negara lain, misalnya New Zealand maka harus punya izin dari bea cukai. Ada serangkaian alur yang menyertakan syarat juga ketentuan khusus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Ada beberapa syarat yang bisa digunakan untuk mendapatkan izin.

Syarat untuk menjadi seorang eksportir diantaranya adalah sudah memiliki NPWP. Syarat satu ini tentunya sangat penting untuk menjamin bahwa eksportir tidak akan lalai terhadp tanggung jawabnya, kemudian masih ada banyak juga kelengkapan dokumen lainnya yang harus di lengkapi.

  1. Jika Ekspor Makanan Sudah Harus Ada Nomor BPOM

Selanjutnya jika Anda ingin kirim makanan, minuman, atau produk kecantikan maka sudah harus menyertakan nomor BPOM. Tidak boleh jika ketentuannya adalah hanya baru diajukan saja. Produk masih belum bisa di kirimkan ke negara tujuan jika nomor resmi BPOM belum dirilis.

Eksportir dengan pengiriman barang-barang diatas tadi tentunya tidak bisa dikirim atau memproses dokumen dari beberapa lembaga seperti BPOM. Oleh karenanya lebih baik persiapkan terlebih dulu hal dasar yang harus dilengkapi supaya ke depan semuanya jadi lebih mudah.

  1. Ikut Regulasi dari Standar Internasional

New Zealand sendiri sebenarnya merupakan salah satu negara yang regulasi eksportirnya tidak terlalu ketat. Jadi jika ingin kirim barang yang agak berbahaya sebenarnya tidak terlalu sulit juga. Hanya saja ada standar paraturan internasional yang harus di lengkapi.

Misalnya saja saat ingin kirim minuman dengan kadar alkohol lebih dari 10% namun dalam bentuk obat-obatan khusus. Biasanya pihak ekspedisi akan bekerja sama dengan bea cukai untuk memberikan akses perjalanan khusus kepada eksportir.

  1. Mempersiapkan Packing yang Baik

 

Terakhir adalah mempersiapkan dengan baik packaging dari produk tersebut. Sebisa mnungkin packaging harus benar-benar rapat agar bisa membuat barang aman sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Biasanya masing-masing ekspedisi juga memiliki standar packing masing-masing. Sudah ada kelompok mana yang perlu ditambah dengan buble wrap, packing dengan kayu atau tambahan media lainnya. Semua sudah ada standar yang diberlakukan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda ingin kirim barang ke luar negeri. Walaupun hanya pengiriman satu atau dua kg, namun sebaiknya perhatika juga regulai dari negara tersebut. Pastikan sudah memenuhi semusa syaratnya.