Promosi Bisnis Online Lewat TikTok

gambar unggulan

Jika Anda menggunakan TikTok dengan tepat, Anda dapat memperkenalkan bisnis online atau produk Anda ke audiens yang besar. Faktanya, menurut InfluencerMarketingHub, TikTok memiliki 500 juta pengguna di seluruh dunia, dan itu adalah aplikasi yang paling banyak diunduh untuk Apple pada Q1 2018.

Tentu saja, TikTok bukanlah platform yang tepat untuk semua jenis bisnis. Inilah cara Anda dapat menentukan apakah itu tepat untuk Anda.

Pelajari platformnya.

Hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah bergabung dengan platform media sosial dan terlihat seperti Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Untuk menghindari dijauhi oleh pengguna di TikTok, Anda perlu mempelajari platformnya. Dengan mempelajari jenis konten apa yang berfungsi di TikTok dan bagaimana berinteraksi dengan orang lain di platform, bisnis Anda dapat masuk ke dalam budaya secara alami.

TikTok adalah tentang konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Jika Anda melihat halaman tren TikTok, Anda akan menemukan banyak video konyol yang diatur untuk lagu-lagu hit.

Aplikasi ini bukan tempat untuk promosi penjualan yang serius. TikTok digunakan terutama oleh orang-orang berusia antara 16 dan 24 tahun, menurut GlobalWebIndex, jadi Anda perlu terhubung dengan mereka dengan cara yang kreatif jika Anda ingin sukses di platform.

Buat konten yang menyenangkan.

Sekarang setelah Anda tahu bahwa TikTok adalah tentang kesenangan dan kreativitas, saatnya untuk membuat konten kreatif Anda sendiri yang menyenangkan. Membuat konten Anda sendiri adalah salah satu cara termudah dan paling murah untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok. Plus, salah satu manfaat terbesar TikTok adalah Anda tidak perlu membuat video yang sangat halus. Cukup keluarkan ponsel cerdas Anda dan mulai syuting.

Meskipun video aneh sangat populer di TikTok, jangan mencoba membuat meme yang keterlaluan jika itu bukan gaya bisnis Anda.

Misalnya, Lush memamerkan produk mereka dengan demonstrasi video menyenangkan yang disetel ke musik.

Tetap sederhana. Video ringan yang memamerkan produk Anda akan terlihat lebih autentik daripada jika bisnis Anda mencoba membuat meme viral dan gagal.

Luncurkan tantangan hashtag.

Cara lain untuk mempromosikan bisnis Anda di TikTok adalah dengan meluncurkan tantangan hashtag. Tantangan hashtag adalah ketika Anda mendorong pengguna TikTok untuk membuat atau membuat ulang konten dan menambahkan hashtag bermerek Anda ke dalamnya.

Misalnya, merek Guess adalah salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan tantangan hashtag. Mereka mendorong pengguna TikTok untuk memfilmkan diri mereka mengenakan lini denim baru Guess dengan tagar #InMyDenim.

Dan baru-baru ini, seperti yang dinyatakan dalam artikel Pemasar Seluler ini, kampanye #GuacDance Chipotle adalah tantangan bermerek TikTok dengan kinerja tertinggi di AS. Promosi ini menghasilkan hari guacamole terbesar Chipotle yang pernah ada, dengan lebih dari 800.000 sisi bumbu disajikan.

Tantangan hashtag yang menyenangkan tidak hanya mempromosikan bisnis Anda, tetapi juga mendorong interaksi dan keterlibatan pengguna.

Bekerja dengan influencer TikTok.

Influencer khusus TikTok mungkin belum besar, tetapi mereka akan menjadi besar dan Anda dapat bekerja dengan mereka untuk memperluas jangkauan Anda di platform. Generasi Z biasanya menentang apa pun yang terlihat seperti iklan tradisional. Jadi, bekerja dengan influencer TikTok benar-benar dapat membantu Anda menjalin hubungan dengan generasi pengguna tersebut.

Berbicara tentang Chipotle lagi, mereka bermitra dengan influencer David Dobrik untuk kampanye pemasaran berbayar untuk tantangan #ChipotleLidFlip dan mendapatkan lebih dari 100.000 kiriman dan 230 juta tampilan.