Obat Diabetes Alternatif Terbaik

gambar unggulan

Akupunktur sebagai obat diabetes adalah prosedur di mana seorang praktisi memasukkan jarum yang sangat tipis ke titik-titik tertentu pada kulit Anda. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa akupunktur memicu pelepasan obat penghilang rasa sakit alami tubuh. Akupunktur telah terbukti menawarkan bantuan dari rasa sakit kronis dan kadang-kadang digunakan oleh orang-orang dengan neuropati, kerusakan saraf menyakitkan yang dapat terjadi dengan diabetes.

Biofeedback adalah teknik yang membantu Anda menjadi lebih sadar — dan belajar menangani — respons tubuh Anda terhadap rasa sakit. Terapi ini menekankan pada teknik relaksasi dan pengurangan stres.

Guided imagery adalah teknik relaksasi yang juga dipraktikkan oleh beberapa profesional yang menggunakan biofeedback. Dengan citra terpandu, Anda akan memikirkan citra mental yang damai, seperti gelombang laut, atau mungkin citra mengendalikan atau menyembuhkan penyakit Anda. Orang yang menggunakan teknik ini mengatakan bahwa citra positif ini dapat meringankan kondisi mereka.

Suplemen Makanan Alami

Manfaat mengambil kromium telah dipelajari dan diperdebatkan selama beberapa tahun. Anda membutuhkan mineral untuk membuat faktor toleransi glukosa, yang membantu insulin bekerja lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen kromium dapat meningkatkan kontrol diabetes, tetapi kami belum memiliki informasi yang cukup untuk merekomendasikannya untuk mengobati diabetes.

Beberapa jenis tanaman disebut sebagai ginseng, tetapi sebagian besar penelitian telah menggunakan ginseng Amerika. Mereka telah menunjukkan beberapa efek penurunan gula pada kadar gula darah puasa dan setelah makan, serta dalam hasil A1c (kadar gula darah rata-rata selama periode 3 bulan). Tetapi kita membutuhkan studi yang lebih besar dan jangka panjang. Peneliti juga menemukan bahwa jumlah senyawa penurun gula pada tanaman ginseng sangat bervariasi.

Meskipun hubungan antara magnesium dan diabetes telah dipelajari selama beberapa dekade, kami masih belum sepenuhnya memahaminya. Magnesium yang rendah dapat memperburuk kontrol gula darah pada diabetes tipe 2. Para ilmuwan mengatakan bahwa itu mengganggu sekresi insulin di pankreas dan membangun resistensi insulin di jaringan tubuh. Dan bukti menunjukkan bahwa kekurangan magnesium dapat menyebabkan beberapa komplikasi diabetes. Orang yang mendapatkan lebih banyak magnesium dalam makanan mereka (dengan makan biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau) memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Vanadium adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah kecil pada tumbuhan dan hewan. Studi awal menunjukkan bahwa vanadium menormalkan kadar gula darah pada hewan dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2. Ketika penderita diabetes diberi vanadium, mereka mengalami sedikit peningkatan sensitivitas insulin dan mampu menurunkan kebutuhan mereka akan insulin. Para peneliti ingin memahami bagaimana vanadium bekerja dalam tubuh, menemukan potensi efek samping, dan menetapkan dosis yang aman.

Coenzyme Q10, sering disebut sebagai CoQ10 (nama lain termasuk ubiquinone dan ubiquinol), adalah zat seperti vitamin yang ada dalam daging dan makanan laut. CoQ10 membantu sel membuat energi dan bertindak sebagai antioksidan. Tapi itu belum terbukti mempengaruhi kontrol gula darah.

Makanan Tumbuhan

Sebagian besar makanan nabati kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Orang dengan diabetes tipe 2 dapat fokus pada:

  • ragi
  • Soba
  • Brokoli dan sayuran terkait lainnya
  • Kayu manis
  • Cengkeh
  • Kopi
  • Okra
  • sayuran hijau
  • biji fenugreek

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan nabati tertentu dapat membantu tubuh Anda melawan peradangan dan menggunakan insulin, hormon yang mengontrol gula darah. Ekstrak minyak cengkeh (eugenol) telah ditemukan untuk membantu kerja insulin dan untuk menurunkan glukosa, kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Senyawa tak dikenal dalam kopi (bukan kafein) dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan kemungkinan terkena diabetes tipe 2.