Cara Budidaya Ikan Hias untuk Pemula yang Berhasil

budidaya ikan hias

Budidaya ikan hias adalah salah satu hal yang layak anda coba selain sebagai hobi. Ternak ikan hias akan dapat menghasilkan cuan sebagai penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama.

Usaha ikan yang cantik bentuknya ini terbilang sangat mudah dan sederhana sekali. Tidak dibutuhkan banyak modal, peralatan dan pengetahuan khusus. Anda hanya perlu membeli anakan dari toko yang jual bibit ikan terdekat.

Cara Budidaya Ikan Hias

Untuk Anda yang berminat, berikut ini tahapan cara budidaya ikan hias untuk pemula yang berhasil yang perlu Anda tahu.

1.Jenis Ikan Hias yang dapat Dibudidayakan

Ikan hias ada sangat banyak sekali jenisnya yang dapat anda pilih seperti diantaranya adalah ikan guppy. Ikan gupy adalah ikan yang sangat banyak peminatnya dengan warnanya yang indah membuat ikan guppy incaran banyak orang.

Selain guppy, cupang hias juga sangat banyak peminatnya dan sangat mudah dalam perawatannya. Ikan cupang adalah ikan yang soliter yang selalu ramai ketika datang musimnya.

Cupang hias jauh lebih mahal berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan ikan guppy. Selain ikan ini, masih banyak ikan lainnya seperti ikan platy, koi, lauhan dan lainnya.

2.Potensi Usaha Budidaya Ikan Hias

Usaha budidaya ikan hias adalah potensi yang sangat besar sekali. Ini erjadi karena ikan hias ketika bertelur dapat menghasilkan sangat banyak sekali anakan.

Ikan hias juga mempunyai banyak permintaan dan permintaannya selalu ada. Usaha ikan hias tidak membutuhakn wadah yang terlalu besar dan tidak dibutuhkan peralatan yang terlalu mahal.

3.Budidaya Ikan Hias

Ikan yang paling mudah dibudidayakan adalah ikan air tawar. Siapkan wadah pembiakan tempat ikan berkembang biak dan juga wadah untuk penempatan ikan.jangan gunakan wadah yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sesuaikan dengan ukuran dan jumlah ikan.

Memilih canlon indukan dan melakukan pemijahan biasanya adalah saat yang sangat menentukan bagaimana nasib anak-anak ikan nantinya. Oleh karenanya sebisa mungkin mengawinkan calon induk yang unggul agar mendapatkan anakan yang memiliki corak yang bagus dan sehat.

Tahap terakhir dalam budidaya ikan hias setelah ikan bertelur sampai telur menetas, rawat anakan sampai menjadi dewasa sampai layak dijual kembali atau untuk dikawinkan kembali. Anakan ikan hias sangatlah sensitif, jadi jagalah kondisi air agar dalam kondisi stabil.