Bagaimana Selimut Api Berfungsi

38

Dalam situasi genting dan kondisi tertentu, selimut api dapat menjadi penyelamat sekaligus mencegah terjadinya kebakaran yang beresiko mengancam banyak nyawa.

Dikenal pula dengan sebutan fire blanket, tak ayal pada pesta atau event tertentu para panitia senantiasa mempersiapkan kit keselamatan dan pencegahan kecelakaan yang salah satunya adalah berupa selimut api.

Ini karena material yang tersemat pada benda tersebut mampu memadamkan kobaran api hanya dalam beberapa detik saja, termasuk mengatasi kebakaran kelas B (cairan yang mudah terbakar), kelas F (lemak dan minyak untuk masak), serta kelas A (karbon).

Dikarenakan fungsinya yang mampu memadamkan api, maka secara otomatis produk ini sangatlah tahan api sehingga bisa digunakan untuk memadamkan api kecil yang tak terkontrol atau membungkus seseorang yang tengah terbakar.

Secara materialnya sendiri, selimut api ini terbuat dari dua lapisan utama berupa kain serat kaca tenunan dan film yang tahan api.

Cara kerjanya cukup sederhana, yakni memutus rantai atau suplai oksigen yang dibutuhkan api untuk tetap menyala dan membakar objek.

Penggunaan Selimut Api Untuk Keselamatan

Ada satu kondisi yang harus kamu perhatikan sebelum menggunakan selimut api tersebut, yakni ukuran dari api itu sendiri.

Pasalnya, setiap fire blanket manufacturer selalu membuat produknya dengan beragam ukuran yang bisa kita sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

Kuncinya hanya satu, yaitu jangan menempatkan atau membungkuskan selimut api jika objek yang terbakar lebih lebar atau panjang daripada fire blanket itu sendiri.

Jika dipaksakan, maka api tak akan mampu mati dan malah merusak selimut api tersebut.

Sebagai gantinya, kamu harus membungkus diri sendiri dengan selimut api tersebut dan bergegaslah pergi ke luar ruangan untuk melakukan evakuasi.

Bawa anak-anak dan orang terdekat lainnya sebelum api melebar dan membesar. Segera hubungi pemadam kebakaran setempat demi mencegah api menjalar ke rumah tetangga yang lainnya.

Sebagai catatan, selimut api memiliki ukuran seperti berikut:

  • 1800 x 1800 mm
  • 1200 x 1800 mm
  • 1200 x 1200 mm
  • 1000 x 1000 mm

Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya!

Dikarenakan kompor menjadi alat yang seringkali memicu terjadinya kebakaran rumah, maka pastikan kamu mengukur alat rumah tangga itu terlebih dahulu, kemudian belilah selimut api yang lebih besar darinya.