gambar unggulan

jeruks min

Jeruk adalah jenis buah-buahan yang termasuk dalam  anggota  Citrus dari kelompok Rutaceae. Ciri khas dari buah ini adalah rasanya yang masam yang segar, meskipun ada beberapa jeni jeruk yang memiliki rasa manis. Rasa asam jeruk berasal dari kandungan asam sitrat yang terkandung dari buah Jeruk.

Ada tujuh fakta menarik mengenai buah yang sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat jus ini, apa saja? Mari kita simak!

 

1. Tidak semua jeruk berwarna oranye

Jeruk memang identik dengan warna oranye, ada jenis jeruk yang tidak berwarna oranye, seperti jeruk bali, dan ada juga jeruk yang berwarna merah. Yaitu Jeruk Darah Sisilia. Sesuai namanya, jeruk ini merupakan buah khas Sisilia yang terletak di Italia. Ukurannya persis dengan jeruk biasa, berbeda dengan jeruk bali yang berkulit lebih tebal dan berukuran lebih besar. Warna daging buah Jeruk Darah Sisilia sangat mencolok, dengan gradasi warna mulai dari oranye berserat merah gelap, merah-oranye, merah terang keungu-unguan, dan merah kehitam-hitaman. Sementara kulitnya berwarna oranye bersemu merah atau ungu.

 

2. “Orange” pada jeruk lebih dulu dikenal daripada “Orange” pada warna oranye

Seperti kita tahu, jeruk berwarna oranye, namun darimanakah kata oranye itu? Apakah berasal dari buah jeruk itu sendiri apa hal lain?. Etimologi atau asal kata “oranye” ada dalam literatur bahasa Sansekerta untuk pohon jeruk, nāranga. Kata “orange” masuk kedalam kosa kata Inggris pada tahun 1300. Sedangkan kosa kata untuk warna oranye baru muncul tahun 1500.

 

3. Jeruk berasal dari Malaysia, namun basis produksi terbesar berada di Brazil dan Florida

Pada tahun 2014, Brasil adalah produsen jeruk terbesar di dunia, diikuti oleh Cina, dan Amerika Serikat. Tapi jeruk sendiri berasal dari Cina Selatan yang dibawa menuju ke Timur melintasi Asia, Timur Tengah, naik melalui Yunani, turun melalui Afrika dan akhirnya ketika penjelajah Columbus membawa benih jeruk dalam perjalanannya menuju Dunia Baru.

 

4. Tidak ada pohon Jeruk di alam liar

Saat ini tidak ada informasi adanya pohon jeruk yang tumbuh di alam liar. Kebanyakan pohon jeruk yang kita ketahui tumbuh di dalam atau di sekitar kebun.

 

5. Pohon yang tidak pernah tua

Tahukah Anda bahwa pohon jeruk adalah pohon yang selalu hijau? Dedaunan mereka tetap hijau sepanjang tahun. Daun tua digantikan oleh daun baru yang tumbuh dan membuat pohon tersebut tetap hijau sepanjang masa.

 

6. Bukan buah asli melainkan campuran

Jeruk adalah salah satu buah hibrida yang paling terkenal. Jeruk manis merupakan perpaduan antara Citrus dan Sinensis sedangkan jeruk asam merupakan perpaduan antara Citrus dan Aurantium. Jeruk manis merupakan hibrida dari Pomelo dan Mandarin dengan gen masing-masing 25% dan 75%.

 

7. Kulit jeruk digunakan untuk membersihkan noda lemak dan minyak yang menempel di piring.

Di Jamaika, mereka menggunakan kulit jeruk untuk menghilangkan noda minyak dan lemak untuk mencuci piring sebagai pengganti spons.

Itulah fakta fakta jeruk yang jarang orang tahu. Sampai saat ini buah jeruk sangat dinikmati oleh semua kalangan. Selain itu jeruk tersedia di mana mana, dari pedagang pinggir jalan hingga pasar swalayan.

Untuk memenuhi kebutuhan buah-buahan terutama jeruk, TaniHub hadir sebagai produsen buah-buahan, sayur-mayur dan berbagai macam kebutuhan dapur lainnya menjadi pilihan tepat bagi anda. Kualitas produk yang ditawarkan TaniHub tidak perlu diragukan lagi karena TaniHub bekerja sama dengan ratusan petani lokal sehingga semua produk dijamin kualitasnya dan kesegarannya.

Apalagi saat ini banyak promo promo untuk berbagai produk yang ditawarkan. Jadi tunggu apa lagi? Buruan download aplikasi Tanihub sekarang juga melalui Play Store di Android dan AppStore di iPhone anda serta ikuti perkembangan informasi terbaru hanya di Instagram @Tanihub.

 

 

By penulis