Tips Memulai Investasi Saham bagi Anak Muda

Kalangan muda saat ini semakin sadar akan pentingnya investasi sedari dini. Kesadaran untuk mengelola finansial dan menabung demi kebutuhan masa depan seperti ini jelas sangat bagus dimiliki oleh anak muda. Investasi saham adalah salah satu pilihan langkah yang saat ini banyak diambil anak muda untuk menabung demi kemapanan finansial di masa depan.

Tips Investasi Saham

Dari beragam jenis instrumen investasi yang ada saat ini, saham disebut sebagai pilihan tepat. Investasi saham memang memiliki risiko cukup besar namun prospek profitnya pun juga terhitung tinggi. Berikut adalah 6 tips berinvestasi saham yang bisa dilakukan oleh anak muda:

1. Belajar Sebanyak Mungkin

Tips pertama yang sebaiknya dilakukan oleh investor saham pemula adalah belajar sebanyak mungkin. Cari tahu sebanyak mungkin tentang investasi saham dan seperti apa cara kerjanya. Ingat, bekal ilmu yang mencukupi adalah modal yang sangat baik saat memulai perjalanan investasi. Jika ingin bermain di dunia investasi saham maka penting sekali untuk punya pengetahuan yang memadai.

Ilmu mengenai saham bisa didapatkan dari banyak sumber. Anda bisa membaca artikel di internet, menonton video Youtube, bahkan mengikuti program pelatihan yang membahas tentang investasi saham. Cari tahu sebanyak mungkin hingga Anda benar-benar paham masalah saham.

2. Mulai dengan Modal Kecil

Sangat disarankan bagi pemula untuk mulai berinvestasi dari nilai yang kecil atau ringan dulu. Apalagi bagi anak muda yang belum memiliki penghasilan besar. Lebih baik awali investasi saham dari modal kecil untuk memperkecil risiko kerugian yang harus ditanggung. Lagipula zaman sekarang ini investasi saham sudah bisa dimulai dengan modal kecil.

Jangan menggunakan semua uang yang dimiliki sebagai modal investasi. Ingat, tetap harus ada manajemen risiko setiap kali berinvestasi. Jangan mempertaruhkan semua uang yang dimiliki untuk investasi karena akan merugikan diri sendiri jika investasi tidak berjalan sesuai harapan.

3. Pilih Sekuritas yang Tepat

Sebelum memulai investasi saham, pilihlah perusahaan sekuritas berkualitas. Agar bisa menjalankan investasi saham ini, Anda harus membuka rekening efek. Pembukaan rekening ini akan diperantarai perusahaan sekuritas. Oleh sebab itu, pilihlah sekuritas yang tepat dan sudah beroperasi secara legal. Pastikan sekuritas yang dipilih bisa memfasilitasi investasi saham dengan baik dan kredibel.

4. Cari Peluang saat Harga Turun

Kunci dalam investasi saham adalah cerdik melihat peluang. Anda sebaiknya cermat memanfaatkan setiap peluang yang ada. Sangat disarankan untuk melakukan pembelian saham ketika nilainya sedang turun. Ingat, nilai saham turun bukan berarti pertanda bahwa perusahaan tersebut akan bangkrut.

Belilah saham saat nilainya turun namun cermati peluang yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Cari tahu seperti apa track record-nya dan apakah ada peluang untuk kembali naik di masa depan. Tentu akan sangat menguntungkan jika Anda membeli saham dengan harga murah tapi di masa depan bisa menerima profit yang besar.

5. Fokus Investasi Jangka Panjang

Saat memulai investasi saham, fokuslah untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Jangan membeli saham dengan niat untuk menjualnya kembali dalam periode waktu yang sementara. Akan jauh lebih baik jika Anda membeli saham sebagai bentuk investasi berjangka panjang. Langkah ini akan memberi keuntungan atau profit yang lebih besar bagi Anda.

6. Lakukan Review Berkala

Sebagai investor saham pemula, usahakan melakukan review secara berkala. Evaluasi performa Anda sebagai investor saham. Cari tahu seperti apa posisi Anda, apakah cukup menguntungkan atau tidak. Pahami juga kesalahan apa yang sering dilakukan dan pastikan untuk tidak melakukannya lagi di kemudian hari.

Dalam melakukan review ini, Anda juga harus punya bekal ilmu yang memadai. Pahami seperti apa langkah analisis yang tepat di dunia saham. Cari tahu poin apa saja yang harus diperhatikan saat review portofolio saham Anda. Ini akan membantu Anda berkembang menjadi investor saham yang sukses.

Investasi saham adalah pilihan tepat untuk mempersiapkan kemapanan keuangan di masa depan. Anak muda sangat disarankan untuk menjalankan investasi ini karena dipandang profitnya sangat menjanjikan. Semakin muda memulai maka akan semakin baik karena salah satu kunci dalam berinvestasi adalah ketersediaan waktu.

By Maitsa