5 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi pada Lansia

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi pada Lansia

Memasuki masa lanjut usia atau lansia, seseorang akan mengalami berbagai masalah kesehatan. Hal yang paling umum terjadi adalah masalah pada kecukupan nutrisi karena nafsu makan lansia akan menurun. Konsumsi susu seperti Entrasol bisa jadi pilihan tepat untuk mencukupi kebutuhan gizi lansia. Namun tak cukup di situ, dibutuhkan pula langkah-langkah tepat agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

Memenuhi Nutrisi pada Lansia

Setiap orang akan selalu membutuhkan nutrisi lengkap bagi tubuhnya. Termasuk lansia yang metabolisme tubuhnya sudah banyak berubah. Tentu saja pemenuhan gizi pada lansia ini perlu dilakukan secara optimal sehingga tak mengganggu kesehatan. Berikut adalah beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada lansia:

1. Sajikan Menu yang Bervariasi

Sama halnya seperti anak-anak, orang tua juga membutuhkan asupan gizi yang lengkap. Oleh sebab itu sangat penting untuk menyajikan menu makanan yang bervariasi. Selain itu hal ini juga penting dilakukan agar lansia tidak merasa bosan dengan makanan yang ia konsumsi. Seringkali lansia juga malas makan karena bosan dengan menu yang itu-itu saja.

2. Batasi Pemakaian Gula, Garam, dan Lemak

Sangat disarankan untuk membatasi penggunaan gula, garam, dan lemak dalam makanan yang akan dikonsumsi oleh lansia. Semua hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Terlalu banyak gula bisa meningkatkan risiko diabetes. Sementara itu terlalu banyak garam bisa memicu hipertensi dan lemak yang berlebihan bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi.

3. Ajak untuk Beraktivitas Fisik

Tips selanjutnya, ajak lansia untuk melakukan aktivitas fisik. Hal ini juga penting untuk dilakukan agar metabolisme berjalan lancar. Selain mengonsumsi makanan, maka harus ada kalori yang juga dikeluarkan. Lakukan aktivitas fisik yang ringan saja seperti jalan-jalan santai. Beraktivitas fisik sangat dibutuhkan oleh tubuh lansia agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Buat Jadwal Makan yang Teratur

Anda juga sangat disarankan untuk membuat jadwal makan yang teratur. Jadwal makan sangat membantu lansia untuk makan tepat waktu dengan nutrisi yang lengkap. Selain makan berat dan camilan, selipkan juga jadwal mengonsumsi susu Entrasol untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

5. Berikan Tekstur yang Tepat

Lansia juga biasanya akan mengalami perubahan tekstur makanan. Pastikan untuk menyajikan makanan dengan tekstur yang tepat agar lebih mudah dikonsumsi. Namun setiap orang biasanya memiliki kemampuan makan yang berbeda-beda. Tak ada salahnya untuk bertanya dulu tekstur makanan seperti apa yang ingin dikonsumsi.

Pemenuhan nutrisi untuk lansia bisa dipenuhi dengan baik atas bantuan orang-orang di sekitarnya. Pastikan untuk mengatur jadwal makan secara teratur dan berikan menu yang bervariasi. Anda bisa memberikan susu Entrasol untuk menjaga kesehatan lansia dan memenuhi kebutuhan energinya. Produk ini bisa dibeli melalui Orami. Di sana Anda juga bisa beli perlengkapan bayi dengan pilihan bervariasi.